Selasa, 10 April 2012

Informasi Berita Dari www.okezone.com


BERITA 1

Pemerintah Usulkan Hari Bebas BBM Subsidi

Gina Nur Maftuhah - Okezone
HEADING TOP CLOSED TOP READ
Rabu, 29 Februari 2012 08:05 wib
Ilustrasi. Foto: Okezone
Ilustrasi. Foto: Okezone
JAKARTA - Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang terus meningkat menyebabkan penggunaan BBM overkuota. Karenannya, pemerintah berencana menetapkan hari bebas BBM bersubsidi bagi kendaraan pribadi.

Dirjen Migas ESDM Evita Legowo mengatakan, berkaca dari adanya hari bebas berkendara atau car free day yang diadakan setiap hari Minggu, maka pihaknya akan menerapkan hal serupa pada penggunaan BBM bersubsidi.

"Itu seminggu sekali enggak boleh (kendaraan) lewat satu jalan, nah nanti usulan kita ini di suatu wilayah untuk daerah tertentu, tidak boleh dijual BBM subsidi bagi kendaraan pelat hitam," ujar dia di Gedung DPR, Senayan, Selasa (28/2/2012) malam.

Namun rencana tersebut belum memiliki mekanisme yang jelas. Menurutnya, hari bebas BBM subsidi itu akan dilakukan berkala secara mingguan atau bulanan. Begitu juga dengan daerah yang akan dilakukan percontohan tersebut. "Itu untuk melatih saja agar BBM subsidi tidak semua orang yang pakai," lanjut dia.

Sebelumnya, Menteri ESDM Jero Wacik mengungkapkan pemerintah telah mengajukan dua opsi, yakni kenaikan Rp1.500 per liter dan subsidi ditetapkan sebesar Rp2.000 per liter dan pembatasan BBM. Meskipun pemerintah lebih condong pada kenaikan BBM, fungsi pembatasan tetap berlaku dan berjalan.

"Proses ini tidak berhenti converter kit, dan BBG akan terus kami dorong. Didorong, ini juga harus tercapai. Kalaupun pembatasan itu dilakukan dan berhasil 100 persen, pengurangan konsumsi BBM tidak besar hanya 1,9 juta Kilo Liter (KL)," ungkap Jero.

Kalau rencana pemerintah ini disetujui DPR dengan pengesahan APBN-P 2012, pemerintah berjanji akan memberikan kompensasi kepada masyarakat. Kompensasi ini dalam berbagai bentuk seperti lebih sering membagikan BLT, beras miskin, beasiswa, serta kompensasi transportasi berupa pemberian voucher gratis angkot atau bis sekolah. (mrt) (rhs)

 


BERITA 2 

 Harga BBM Subsidi Naik

Pemerintah Janjikan Ongkos Angkot Gratis

Gina Nur Maftuhah - Okezone
Selasa, 28 Februari 2012 16:08 wib
Ilustrasi. (Foto: okezone)
JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan beberapa skema bila rencana kenaikan BBM subsidi jadi dilakukan April depan. Salah satu diantaranya adalah pemberian kupon angkot gratis kepada masyarakat yang kurang mampu atau pemberian bus sekolah.

"Ada beberapa kompensasi kenaikan BBM subsidi khususnya kepada masyarakat miskin dan tidak mampu seperti misalnya kompensasi di bidang transportasi dalam bentuk kupon ongkos angkot atau bus anak sekolah dan bantuan STNK dan KIR untuk angkutan umum," ujar Menteri ESDM Jero Wacik dalam paparannya di Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR-RI, Jakarta, Selasa (28/2/2012).

Rencana pemerintah untuk membagikan kupon angkot gratis ini, menurt Jero, nantinya akan dibagikan pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu untuk membayar ongkos angkot.

"Kita juga akan memberikan kompensasi pangan dengan menambah penyaluran beras miskin dan juga kompensasi bantuan pendidikan berupa tambahan subsidi dan beasiswa siswa miskin," tambah dia.

Selain itu, dengan menaikkan harga BBM subsidi menjadi Rp6.000 per liter atau menetapkan besaran subsidi tetap sebesar Rp2.000 seperti yang diajukan pemerintah hari ini, penghematan anggaran akan dilakukan untuk beberapa hal.

"Pemanfaatan hasil penghematan BBM subsidi akan dilakukan untuk infrastruktur pelaksanaan diversifikasi BBM ke gas, melengkapi infrastruktur pengawasan pendistribusian BBM bersubsidi, penambahan infrastruktur energi dan mendukung perbaikan sistem transportasi nasional," tandas dia. (wdi)





BERITA 3

Rumah di Atas Batu Senilai Rp14,4 Miliar
Nur Januarita Benu - Okezone
Sabtu, 3 Maret 2012 13:55 wib
 1  1Email0
detail berita
(foto: daily mail)
CORNWALL - Sebuah rumah yang bertengger di atas batu rakasasa di pesisir pantai Newquay, Cornwall, Inggris menarik banyak perhatian karena lokasinya yang tinggi dan tidak seperti kebanyakan landed house atau vila yang ada di sekitarnya.

Rumah tersebut adalah milik pasangan suami isteri Lord Long dan Lady Long. Mereka telah membeli properti cantik tersebut sejak tahun 2001 untuk dimanfaatkan saat liburan, dan kini untuk ketiga kalinya mereka mendaftarkan rumah tersebut dalam listing penjualan rumah di Inggris seharga 1 juta pounds atau sekira Rp14,4 miliar. Demikian seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (3/3/2012).

Akses menuju rumah tersebut adalah sebuah jembatan gantung sepanjang hampir 100 meter (m) di atas ketinggian 90 m dari dasar. Banyak yang bilang rumah ini sangat sempurna untuk dijadikan tempat persembunyian. Namun ternyata ada yang menjadi masalah bagi pasangan suami isteri lansia ini.

Lord long yang telah berumur 83 tahun mengatakan, jembatan panjang yang harus dilewati setiap saat tersebut, awalnya tidak menjadi masalah sama sekali, namun, seiring bertambah usia dan fisik yang tidak lagi kuat, akhirnya mereka memutuskan untuk menjual rumah dengan tiga kamar tidur tersebut.

Selain lokasinya yang punya nilai keunikan tersendiri, pemandangan yang disajikan dari tiap sudut rumah inilah yang membuat banyak orang jatuh hati.

"Rumah ini memiliki view 360 derajat. Di depannya ada hamparan pantai Newquay yang sangat dekat dengan Samudera Atlantis dan di samping-sampingnya bukit dan vila-vila bertaburan. Namun, kita harus memutuskan untuk menjualnya, sebelum menjadi masalah besar," kata sang isteri Lady Long.

Mereka adalah pemilik sekaligus penghuni generasi ketiga dari rumah yang telah dibangun sejak tahun 1930 dan telah menempati rumah tua itu selama 10 tahun, dan kemudian kembali menjualnya.

(rhs)



BERITA 4

Penulis Buku Sewa Rumah Berhantu
Riani Dwi Lestari - Okezone
Senin, 27 Februari 2012 11:03 wib
 2  0Email0
detail berita
Foto: Clary dan anjingnya di depan rumah berhantu/ daily mail
JAKARTA - Sebuah rumah berdiri di padang rumput di Kent, Inggris. Dengan fasad berupa tumpukkan batu bata yang tak dilapisi dengan acian mengesankan bangunan didirikan dari masa lampau.

Warga sekitar meyakini rumah tersebut merupakan rumah yang dihuni oleh hantu-hantu menyeramkan yang gentayangan dari perkebunan dan hutan terdekat.

Pasalnya, rumah tersebut kerap diwarnai oleh suara gaduh yang tidak diketahui siapa yang membuat suara tersebut. Belum lagi banyaknya pengakuan warga akan penampakkan wujud hantu wanita dengan gaun tidur dan hantu petani yang dipercaya dahulu pernah menggarap perkebunan di samping rumah tersebut.

Namun anehnya, rumah tersebut tidak dibongkar atau diberikan imbauan agar warga sekitar menjauh. Rumah berhantu itu malah disewakan kepada seniman yang ingin mendapatkan inspirasi. Demikian yang dikutip dari Daily Mail, Senin (27/2/2012).

Salah satu orang yang menyewa rumah tersebut adalah seorang penulis buku bernama Julian Clary yang terkenal dengan karya-karya mistersi seperti My Ghost Writer. Dia mengaku terpikat dengan aura mistis disekeliling rumah tersebut.

Rumah yang dinamakan sesuai dengan nama pemiliknya yakni Noel Coward itu disewa oleh Clary guna mencari insiprasi utnuk buku terbarunya. Menurutnya, dia tidak boleh sedikitpun kehilangan fakta mistis yang terkandung pada atmosfer rumah yang berdiri pada 1950 itu.

Clary tidak sendiri di rumah itu, dia ditemani seekor anjing yang kerap mendeteksi hadirnya mahkluk eterik yang kasat mata. Dia mengaku dengan adanya pelliharaan semacam anjing, dirinya bisa merasakan bagaimana ketakutan menyelimuti seseorang, hingga sensasi itu bisa dia tuang ke bukunya.

Penulis novel misteri ini memang tidak menyebutkan bagaimana dia mengurus administrasi untuk menyewa rumah itu. Menurut Clary, jika dia mengungkapkan hal tersebut, maka ceritanya mengenai rumah berdaya mistis tinggi tersebut akan sirna. (rhs)



BERITA 5

Rumah Modern yang Eco-Friendly
Nur Januarita Benu - Okezone
Sabtu, 3 Maret 2012 11:03 wib
 0  1Email0
detail berita
Rumah modern eco-friendly (foto: myinteriordesign.us)
RUMAH atau bangunan dengan konsep eco-friendly atau ramah lingkungan saat ini kerap menjadi pilihan utama masyarakat, arsitek hingga pengusaha properti. Untuk meenciptakan rumah yang ramah lingkungan bukan berarti harus mengorbankan desain maupun interior yang modern.

Sebuah rumah yang terletak di California, Amerika Serikat (AS) ini mungkin dapat dijadikan inspirasi rumah tinggal eco-friendly dan tetap tampil modern serta nyaman.

Rumah bergaya kontemporer dengan luas 557 meter persegi (m2) ini sukses didesain dengan sangat apik oleh CCS Architecture. Pemiliknya adalah sebuah keluarga kecil yang menginginkan hunian yang hangat dan nyaman, dengan desain interior yang menyatu dengan area outdoor, serta ramah lingkungan. Semua tujuan itu tercapai melalui metode bangunan rumah, material, dan sistem energi yang diterapkan pada rumah tersebut.

Tebagi menjadi tiga bagian rumah yang dipisahkan oleh dua breezeways, semacam jalan setapak yang menghubungkan dua bangunan dengan atap tertutup. Hasilnya adalah sebuah bangunan rumah kontemporer yang nyaman dan sejuk meskipun pada musim panas. Demikian seperti dikutip dari laman My Interior Design. Sabtu (3/3/2012).

Bangunan utama rumah berbentuk L, dengan lantai pertama berfungsi untuk ruang tamu dan garasi. Penggunaan sistem open floor plan memaksimalkan hubungan antara interior dan area outdoor dengan pintu kaca besar sejajar pada setiap sisi dari sebagian besar ruangan yang ada di rumah. Interior rumah menggunakan cat dinding berwarna putih dan kombinasi kayu, lantai kayu, dan perabotan yang dicat senada membuat suasana rumah nyaman dan hangat pada malam hari.

Penggunaan sistem open floor plan memaksimalkan hubungan antara interior dan area outdoor dengan pintu kaca besar sejajar pada setiap sisi dari sebagian besar ruangan yang ada di rumah. Interior rumah menggunakan cat dinding berwarna putih dan kombinasi kayu, lantai kayu, dan perabotan yang dicat senada membuat suasana rumah nyaman dan hangat pada malam hari.

Setengah dari pemakaian listrik di rumah di cover oleh empat killowatt (kw) photovoltaic solar arrayyang terletak di atap dengan tambahan solar panels untuk menghangatkan pemakaian air di rumah. Atap rumah sendiri terbuat dari structurally insulated panels (SIPs) atau panel struktur terisolasi. Selain itu, high efficiency split system heat pump bisa menyediakan pemanas dan pendingin ruangan.

Penggunaan sunshades di atas semua pintu dan jendela kaca dapat meredam sinar matahari dan mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah sehingga rumah tetap terasa sejuk dan nyaman, meski di bawah sinar matahari yang terik.

(rhs)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar