Selasa, 10 April 2012

PENGERTIAN BLOGSPOT



Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.



Rafiif Wasis Ibaadurrahmaan
blogger
Evan Williams yang menciptakan blogger. Foto:home-designing.com
Halo, Rafiif yang pintar, Nesi akan jawab rasa ingin tahu kamu itu, yah. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com  dan menjadi milik perusahaan Pyra Labs.
Nah, pendiri PyraLab itu juga menciptakan Blogger . Wow, hebatnya! Siapa, ya kira-kira?
Dia adalah Evan Williams. Laki-laki yang lahir pada tanggal 31 Maret 1972 di Nebraska ini adalah seorang wirausahawan Amerika Serikat yang berasal dari keluarga petani, lho.
Pada tahun 2002 Google.com  membeli saham Pyra Labs dengan harga ratusan miliar. Blogger.com  pun menjadi hak milik Google.com .
Blog  sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, tempat penyebaran informasi sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.
Bersama Google, Blogger terus dikembangkan dan makin terkenal. Peminatnya pun terus bertamanbah. Hebatnya lagi, di tahun 2003 sudah ada tiga juta blog yang aktif.
Oh iya, Evan juga berperan besar dalam pembuatan twitter bersama Jack Dorsey , si pencipta ide twitter lho. (Kidnesia/Berbagaisumber)

.



MANFAAT BLOG SEBAGAI MEDIA INFORMASI

Manfaat Blog Sebagai Media Informasi

Berikut ini adalah beberapa manfaat blog sebagai media informasi yang dapat saya jabarkan

1. Media Aktualisasi Diri
Kebutuhan manusia salah satunya adalah untuk diakui kehadirannya. Untuk menunjukan siapa dirinya. Apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya,dll. Blog dapat memfasilitasi haltersebut dengan skala dunia.
Dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat dengan mudah memberikan informasi dengan berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ’semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.

2. Personal Branding

Memposisikan diri kamu berdasarkan apa yang dapat kamu lakukan, membuat orang teringat kamu bila dihadapkan dalam masalah tertentu adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini.

3. Markas Besar Di Dunia Maya

Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. Blog bisa  dijadikan markas besar pusat seluruh aktifitas kamu di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau social network seperti : Facebook, Twitter, Plurk, Digg, LintasBerita, LinkedIn, dll.

4. Media Promosi

Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO+SMM+Other Techniques) kamu bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog kamu dan membuatnya membaca apa yang kamu promosikan.

5. Mendapatkan Relasi Baru

Sudah menjadi hal yang wajar bila manusia mencari orang lain yang mempunya ketertarikan pada hal yang sama. Buat blog tentang topik yang kamu minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi kamu. Mereka bisa mengomentari post di blog kamu dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.

Tips: Buat tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook profile kamu. Orang akan berduyun-duyun meng-add anda di facebook.

6. Mendapatkan Penghasilan

Well, sudah banyak yang tahu kan? ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:

* Direct Income – Blog kamu memang menjadi ’sumber uang’ kamu. Kamu update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog kamu, lakukan monetisasi., Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog kamu. dll.
* Indirect Income – Blog kamu gunakan sebagai media promosi bisnis kamu dan diri kamu. Visitor datang ke blog, terkesima dengan diri kamu dan portofolio kamu, dan mereka mengontak kamu untuk deal bisnis selanjut-nya.

7. Stress Release, Emotion Release

Terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Tapi selalu ingat aturan emasnya: Jangan berlebihan. Jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lain-nya terjadi karena kamu berlebihan dalam mengekspresikan diri.

8. Media Memberi, Media Sharing

Terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jika yang kamu ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi kamu.

9. Jurnal Catatan Kehidupan Anda

Catat semua yang kamu rasakan dan publikasikan di blog kamu. Suatu hari di kehidupan kamu kelak, baca kembali apa yang sudah kamu tulis. Kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu.

10. Mendapatkan Feedback Atas Apa Yang Anda Rasakan

Mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikel-nya. Hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang kamu tulis. Pendapat orang lain merupakan salah hal yang berharga dalam hidup kan?

11. Public Relation Yang Lebih Humanis
Jika kamu bertujuan mempromosikan bisnis atau korporasi -corporate blogging-, salah satu karakteristik blog adalah personal point of view yang menjadikan blog lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar